Antari, Ni Kadek Dewi (2020) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS I KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031126-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031126-ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031126-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (566kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031126-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031126-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031126-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031126-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031126-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031126-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mencari pengaruh yang signifikan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus I Kuta Utara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dan rancangan non-equilevalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SDN I Gugus Kuta Utara dengan jumlah siswa 413 orang dan sampel penelitian berjumlah 64 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Analisis data pada penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol X ̅=80,85>X ̅=66,85. Setelah dianalisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 7,329> ttabel = 2,000 pada α =0,05 dan dk = 62, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas V SDN Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Didasarkan pada perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok dan hasil uji hipotesis, maka penggunaan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | contextual teaching and learning, media audio visual, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KADEK DEWI ANTARI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 00:50 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2385 |
Actions (login required)
View Item |