Kusuma, Kadek Gantha Gangga (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS PROSEDUR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031492-COVER.pdf Download (621kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031492-ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031492-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031492-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031492-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031492-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031492-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031492-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031492-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitin ini adalah untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media video pembelajaran berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar menulis teks prosedur bahasa Indonesia, (2) mengetahui kualitas media video pembelajaran berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar menulis teks prosedur bahasa Indonesia, dan (3) mengetahui efektivitas media video pembelajaran berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar menulis teks prosedur bahasa Indonesia. Subjek uji coba penelitian ini yakni ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran serta 22 orang siswa kelas IV SD Negeri 21 Dauh Puri Denpasar. Penelitian pengembangan komik digital ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis PBL yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dari: (1) media video pembelajaran berbasis PBL dikembangkan menggunakan aplikasi canva dan capcut, berisi materi teks prosedur. (2) kualitas media komik digital berbasis masalah berdasarkan hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh skor 96,58% (sangat baik), ahli desain pembelajaran diperoleh skor 92,50% dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 95,00% (sangat baik), uji coba kepraktisan diperoleh skor 97,91%uji perorangan diperoleh skor 90,23% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 93,25% (sangat baik), serta (3) hasil uji efektivitas dengan uji-t memperoleh t-hitung = 1,879 > t-tabel = 1,720 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 21 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk video pembelajaran berbasis PBL layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar menulis teks prosedur bahasa Indonesia pada siswa di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Video Pembelajaran, PBL, Bahasa Indonesia, Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Gantha Gangga Kusuma |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 07:01 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |