Eka Heriyanti, Pande Luh Putu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BALI TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GUGUS PUPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031490-COVER.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031490-ABSTRAK.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031490-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031490-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 MDTODELOGI PENELITIAN)
2111031490-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031490-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031490-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031490-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031490-LAMPIRAN.pdf Download (36MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terintegrasi kearifan lokal Bali terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa kelas V di SD Gugus Pupuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan rancangan Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus Pupuan, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik random sampling intact group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan model TPS terintegrasi kearifan lokal Bali dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dan kuesioner literasi sains. Analisis data dilakukan dengan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) pada taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal literasi sains dan hasil belajar. Hasil uji MANOVA menunjukkan nilai F = 232,004 dengan signifikansi 0,000 (<0,05), sehingga Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, model pembelajaran TPS terintegrasi kearifan lokal Bali memberikan pengaruh positif terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model TPS lebih aktif, mampu memahami konsep dengan lebih baik, serta lebih termotivasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, integrasi kearifan lokal Bali dalam model pembelajaran membantu siswa menghubungkan ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai budaya yang mereka kenal, sehingga meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, Kearifan Lokal, Literasi Sains, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Pande Luh Putu Eka Heriyanti |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 13:39 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 13:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |