PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BALI TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GUGUS PUPUAN

Eka Heriyanti, Pande Luh Putu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BALI TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GUGUS PUPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031490-COVER.pdf

Download (483kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031490-ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031490-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031490-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 MDTODELOGI PENELITIAN)
2111031490-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031490-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031490-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031490-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031490-LAMPIRAN.pdf

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terintegrasi kearifan lokal Bali terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa kelas V di SD Gugus Pupuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan rancangan Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus Pupuan, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik random sampling intact group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan model TPS terintegrasi kearifan lokal Bali dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dan kuesioner literasi sains. Analisis data dilakukan dengan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) pada taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal literasi sains dan hasil belajar. Hasil uji MANOVA menunjukkan nilai F = 232,004 dengan signifikansi 0,000 (<0,05), sehingga Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, model pembelajaran TPS terintegrasi kearifan lokal Bali memberikan pengaruh positif terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model TPS lebih aktif, mampu memahami konsep dengan lebih baik, serta lebih termotivasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, integrasi kearifan lokal Bali dalam model pembelajaran membantu siswa menghubungkan ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai budaya yang mereka kenal, sehingga meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Kearifan Lokal, Literasi Sains, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Pande Luh Putu Eka Heriyanti
Date Deposited: 24 Apr 2025 13:39
Last Modified: 24 Apr 2025 13:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24009

Actions (login required)

View Item View Item