Bagialih, I Gusti Agung Sitha Pradina Putri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS V JUNGUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031380-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031380-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031380-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031380-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031380-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031380-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031380-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031380-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031380-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara adalah proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan merangkai berbagai macam kata-kata hingga membentuk sebuah kalimat sehingga lawan bicaranya mengerti yang disampaikan baik berupa berupa ide, gagasan maupun isi hati. Rendahnya keterampilan berbicara siswa di sekolah dasar disebabkan oleh kombinasi dari faktor internal (seperti kurangnya rasa percaya diri, motivasi rendah, atau gangguan bahasa) dan faktor eksternal (seperti metode pengajaran yang tidak interaktif, lingkungan yang kurang mendukung, dan minimnya kesempatan berbicara. Melihat dari hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus V Jungutan tahun ajaran 2024/2025 dengan total 157 siswa yang tersebar di enam kelas. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling, menghasilkan 50 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas IV SD Negeri 1 Jungutan sebagai kelompok eksperimen dan 23 siswa kelas IV SD Negeri 5 Jungutan sebagai kelompok kontrol. Data penelitian berfokus pada keterampilan berbicara yang diukur menggunakan metode non-tes dengan rubrik penilaian, kemudian dianalisis melalui uji statistik inferensial (independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data, Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 6,276. Adapun nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% pada uji satu arah dengan dk 50 adalah 1,676 sehingga perbandingan thitung > ttabel yaitu 6,276 > 1,676, yang menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Kooperatif tipe role playing, boneka tangan, keterampilan berbicara. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Sitha Pradina Putri Bagialih |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 13:49 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 13:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |