PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS V JUNGUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Bagialih, I Gusti Agung Sitha Pradina Putri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS V JUNGUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031380-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031380-ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031380-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031380-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031380-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031380-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031380-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031380-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031380-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan berbicara adalah proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan merangkai berbagai macam kata-kata hingga membentuk sebuah kalimat sehingga lawan bicaranya mengerti yang disampaikan baik berupa berupa ide, gagasan maupun isi hati. Rendahnya keterampilan berbicara siswa di sekolah dasar disebabkan oleh kombinasi dari faktor internal (seperti kurangnya rasa percaya diri, motivasi rendah, atau gangguan bahasa) dan faktor eksternal (seperti metode pengajaran yang tidak interaktif, lingkungan yang kurang mendukung, dan minimnya kesempatan berbicara. Melihat dari hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus V Jungutan tahun ajaran 2024/2025 dengan total 157 siswa yang tersebar di enam kelas. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling, menghasilkan 50 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas IV SD Negeri 1 Jungutan sebagai kelompok eksperimen dan 23 siswa kelas IV SD Negeri 5 Jungutan sebagai kelompok kontrol. Data penelitian berfokus pada keterampilan berbicara yang diukur menggunakan metode non-tes dengan rubrik penilaian, kemudian dianalisis melalui uji statistik inferensial (independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data, Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 6,276. Adapun nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% pada uji satu arah dengan dk 50 adalah 1,676 sehingga perbandingan thitung > ttabel yaitu 6,276 > 1,676, yang menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Kooperatif tipe role playing, boneka tangan, keterampilan berbicara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Sitha Pradina Putri Bagialih
Date Deposited: 24 Apr 2025 13:49
Last Modified: 24 Apr 2025 13:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24014

Actions (login required)

View Item View Item