Guna, I Gede Made Wira (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011059-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011059-ABSTRAK.pdf Download (639kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011059-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (PJOK) melalui materi teknik dasar passing bola basket pada peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 5 Kuta Selatan dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Audio Visual(Video). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 5 Kuta Selatan, sedangkan objek penelitian adalah materi teknik dasar passing bola basket dalam permainan bola basket dengan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Audio Visual(Video). Data diambil dengan cara observasi tes terhadap gerakan teknik dasar passing (Chest Pass, Bounce Pass, Overhead Pass) bola basket pada aspek kognitif dan aspek psikomotor. Data dianalisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Audio Visual(Video) dapat meningkatkan hasil belajar (PJOK) melalui teknik dasar passing bola basket pada peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Dapat dilihat pada siklus I dan siklus II persentase peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dari ketuntasan 10 orang (32%) menjadi ketuntasan 26 orang (84%), peningkatan hasil belajar aspek keterampilan dari ketuntasan 8 orang (26%) menjadi ketuntasan 28 orang (90%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Audio Visual, Hasil belajar, PJOK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Gede Made Wira Guna |
Date Deposited: | 08 May 2025 05:16 |
Last Modified: | 08 May 2025 05:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |