PENGARUH PENDEKATAN GOAL FREE EVALUATION DALAM PEMBERIAN FEEDBACK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV

Setiawidiantari, Ketut Dian (2025) PENGARUH PENDEKATAN GOAL FREE EVALUATION DALAM PEMBERIAN FEEDBACK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031381-COVER.pdf

Download (741kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031381-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031381-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031381-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031381-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031381-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031381-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031381-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031381-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh pendekatan Goal Free Evaluation dalam pemberian feedback terhadap motivasi PPKn siswa kelas IV SD, (2) mendeskripsikan pengaruh pendekatan Goal Free Evaluation dalam pemberian feedback terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD, dan (3) mendeskripsikan pengaruh simultan pendekatan Goal Free Evaluation dalam pemberian feedback terhadap motivasi dan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa keals IV SD Gugus III Kecamatan Susut yang berjumlah 126 orang siswa dan terdiri dari 6 Sekolah Dasar. Dari ke 6 sekolah tersebut dilakukan Uji kesetaraan yang digunakan dalam memilihan 2 sekolah yang akan digunakan untuk penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling diperoleh kelas yang dijadikan kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV SDN 1 Sulahan berjumlah 18 orang dan kelas yang dijadikan kelompok kontrol yaitu kelas IV SDN 3 Sulahan berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dengan tes motivasi belajar dan tes hasil belajar PPKn. Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kedua kelompok. Pada kelompok eksperimen, nilai t hitung sebesar 7.810 dengan df 16 > t table 2.120, dan nilai signifikansi 0.012 < 0.05. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat perubahan yang signifikan setelah perlakuan diberikan. Sementara itu, pada kelompok kontrol, nilai t hitung mencapai 10.791 dengan df 26, yang juga > t tabel 2.056, serta nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Ini menunjukkan bahwa perbedaan antara pretest dan posttest dalam kelompok kontrol sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Goal Free Evaluation , feedback
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Dian Setiawidiantari
Date Deposited: 19 May 2025 07:50
Last Modified: 19 May 2025 07:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24133

Actions (login required)

View Item View Item