Harefa, Lisaman (2024) STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAS MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2114091009 - COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114091009 - ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2114091009 - BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2114091009 - BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2114091009 -BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114091009 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2114091009 -BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114091009 -DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114091009 -LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bentuk strategi pendidikan karakter di lingkungan sekolah SMAS Muhammadiyah 2 Singaraja, mengimplementasikan nilai-nilai moral dalam pembelajaran sosiologi dan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran sosiologi. Terdapat beberapa siswa yang terlahir dari keluarga broken home, akibatnya pendidikan karakter yang seharusnya mereka dapatkan dari lingkungan keluarga tidak terpenuhi. Maka sangatlah penting untuk menyusun strategi dalam membentuk karakter peserta didik. Strategi pendidikan karakter merupakan suatu perencanaan pembelajaran yang bertujuan membentuk karakter peserta didik, melalui strategi pendidikan karakter seorang tenaga pendidik bisa menanamkan nilai, norma yang berlaku di lingkungan sekolah dan masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 11 siswa yang mengalami broken home di SMAS Muhammadiyah 2 Singaraja baik itu akibat perceraian, pisah rumah, KDRT dan salah satu orangtua yang meninggal. Siswa-siswa tersebut dirawat oleh kakek nenek. Akibatnya mereka tidak mendapatkan pendidikan karakter layaknya dari orang tua karena sejak kecil mereka dibesarkan oleh kakek dan nenek, hal demikian menurunkan motivasi belajar, bahkan malas untuk kesekolah dan beberapa siswa juga sering mengalami pembulian baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan mereka tinggal yang berdampak buruk bagi mental anak tersebut. Kesimpulan penelitian adalah strategi pendidikan karakter dalam pembelajaran sosiologi di SMAS Muhammadiyah 2 Singaraja menjadi kunci utama dalam membentuk karakter peserta didik. Melalui pendekatan sosiologi tenaga pendidik bisa menanamkan nilai-nilai sosial yang mampu membentuk akhlak peserta didik menjadi baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Sosiologi, Strategi Pendidikan Karakter, Broken Home, SMAS Muhammadiyah 2 Singaraja |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Lisaman Harefa |
Date Deposited: | 22 May 2025 09:02 |
Last Modified: | 22 May 2025 09:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |