Dewi, Putu Sri Darma (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATIK DENGAN TEKNIK THREE PERIOD LESSON DAN EFIKASI DIRI TERHADAP LITERASI NUMERASI ANAK TK B DI GUGUS III KECAMATAN SUKASADA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2229171017-COVER.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229171017-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229171017-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229171017-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229171017-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171017-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2229171017-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229171017-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan literasi numerasi antara kelompok anak yang mengikuti model pembelajaran ATik dengan teknik three period lesson dengan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) perbedaan kemampuan literasi numerasi anak yang memiliki efikasi diri tinggi dengan kelompok anak yang memiliki efikasi diri yang tinggi dengan kelompok anak yang memiliki efikasi diri rendah; (3) Interaksi model pembelajaran ATik dengan teknik three period lesson dan efikasi diri secara bersama terhadap kemampuan literasi numerasi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah 76 anak TK B gugus III Kecamatan Sukasada. Kelas yang setara diambil 2 kelas untuk kelompok control dan 2 kelas untuk kelompok eksperimen dengan total anak sebanyak 76 anak. Data efikasi diri dan kemampuan literasi numerasi diambil dengan lembar cek list dengan dengan rating scale 1-4. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan literasi numerasi antara kelompok anak yang mengikuti model pembelajaran ATik dengan teknik three period lesson dan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan literasi numerasi antara kelompok anak yang memiliki efikasi diri tinggi dan kelompok anak yang memiliki efikasi diri rendah; (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran ATik dengan teknik three period lesson dan efikasi diri terhadap kemampuan literasi numerasi anak di TK B Gugus 3 Kecamatan Sukasada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi numerasi, model pembelajaran ATiK, Teknik Three Period Lesson |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Putu Sri Darma Dewi |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:04 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |