PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATIK DENGAN TEKNIK THREE PERIOD LESSON DAN EFIKASI DIRI TERHADAP LITERASI NUMERASI ANAK TK B DI GUGUS III KECAMATAN SUKASADA

Dewi, Putu Sri Darma (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATIK DENGAN TEKNIK THREE PERIOD LESSON DAN EFIKASI DIRI TERHADAP LITERASI NUMERASI ANAK TK B DI GUGUS III KECAMATAN SUKASADA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229171017-COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229171017-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229171017-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229171017-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229171017-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171017-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2229171017-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229171017-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan literasi numerasi antara kelompok anak yang mengikuti model pembelajaran ATik dengan teknik three period lesson dengan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) perbedaan kemampuan literasi numerasi anak yang memiliki efikasi diri tinggi dengan kelompok anak yang memiliki efikasi diri yang tinggi dengan kelompok anak yang memiliki efikasi diri rendah; (3) Interaksi model pembelajaran ATik dengan teknik three period lesson dan efikasi diri secara bersama terhadap kemampuan literasi numerasi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah 76 anak TK B gugus III Kecamatan Sukasada. Kelas yang setara diambil 2 kelas untuk kelompok control dan 2 kelas untuk kelompok eksperimen dengan total anak sebanyak 76 anak. Data efikasi diri dan kemampuan literasi numerasi diambil dengan lembar cek list dengan dengan rating scale 1-4. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan literasi numerasi antara kelompok anak yang mengikuti model pembelajaran ATik dengan teknik three period lesson dan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan literasi numerasi antara kelompok anak yang memiliki efikasi diri tinggi dan kelompok anak yang memiliki efikasi diri rendah; (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran ATik dengan teknik three period lesson dan efikasi diri terhadap kemampuan literasi numerasi anak di TK B Gugus 3 Kecamatan Sukasada.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi numerasi, model pembelajaran ATiK, Teknik Three Period Lesson
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Putu Sri Darma Dewi
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:04
Last Modified: 02 Jun 2025 03:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24208

Actions (login required)

View Item View Item