EFEKTIVITAS KONSELING REALITA DENGAN TEKNIK WDEP (WANT, DIRECTION, EVALUATION, PLANNING) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Anam, Hilda Agita Cahyani (2025) EFEKTIVITAS KONSELING REALITA DENGAN TEKNIK WDEP (WANT, DIRECTION, EVALUATION, PLANNING) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111011045__COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111011045_ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011045_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011045_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011045_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011045_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011045_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011045_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111011045_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tanggung jawab secara umum merupakan sikap atau tingkah laku individu dalam memenuhi kewajiban yang dilakukan secara sadar dan mampu menanggung segala akibat darii perbuatan yang telah diperbuat. Dalam konteks ini, penelitian bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif pendekatan konseling realita berbasis teknik WDEP dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan model rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini, peserta didik dikelompokkan ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang tidak dipilih secara acak. Masing-masing kelompok terdiri dari enam orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang berisi indikator-indikator tanggung jawab dalam belajar, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Paired Sample t-Test. Hasil pengujian menunjukkan nilai signifikansi sebesar p = 0.000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0.05. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Belajar, Siswa, Konseling Realita, Teknik WDEP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Hilda Agita Cahyani Anam
Date Deposited: 23 May 2025 07:04
Last Modified: 23 May 2025 07:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24214

Actions (login required)

View Item View Item