Anam, Hilda Agita Cahyani (2025) EFEKTIVITAS KONSELING REALITA DENGAN TEKNIK WDEP (WANT, DIRECTION, EVALUATION, PLANNING) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111011045__COVER.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011045_ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011045_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011045_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011045_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011045_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011045_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011045_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011045_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tanggung jawab secara umum merupakan sikap atau tingkah laku individu dalam memenuhi kewajiban yang dilakukan secara sadar dan mampu menanggung segala akibat darii perbuatan yang telah diperbuat. Dalam konteks ini, penelitian bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif pendekatan konseling realita berbasis teknik WDEP dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan model rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini, peserta didik dikelompokkan ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang tidak dipilih secara acak. Masing-masing kelompok terdiri dari enam orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang berisi indikator-indikator tanggung jawab dalam belajar, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Paired Sample t-Test. Hasil pengujian menunjukkan nilai signifikansi sebesar p = 0.000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0.05. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab Belajar, Siswa, Konseling Realita, Teknik WDEP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Hilda Agita Cahyani Anam |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:04 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |