Suteni, Ni Komang Putri (2025) Pengembangan Buku Instrumen Penilaian Non-Tes untuk Mengukur Kenyamanan dan Kebahagiaan Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 1 Bontihing. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031126-COVER.pdf Download (818kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031126-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031126-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS)
2111031126-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031126-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031126-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031126-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR RUJUKAN)
2111031126-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031126-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kenyamanan dan kebahagiaan adalah dua elemen yang esensial yang mempengaruhi kualitas belajar siswa. Kenyamanan belajar yaitu kondisi siswa merasa aman, tenang, dan bebas dari tekanan fisik maupun maupun psikologis. Sedangkan kebahagiaan belajar yaitu perasaan positif dan kepuasan yang dirasakan siswa terhadap pengalaman selama proses belajar. Namun realitas menunjukkan bahwa masih banyak sekolah dasar yang belum optimal dalam menciptakan lingkungan belajar nyaman dan kebahagiaan bagi siswa terutama dalam pembelajaran IPAS yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu, seperti sains, geografi, sejarah, dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku instrumen penilaian non-tes yang terdiri dari instrumen observasi, instrumen kuesioner, dan instrumen pedoman wawancara, menganalisis kevaliditasan, dan kepraktisan Instrumen Penilaian Non-Tes untuk Mengukur Kenyamanan dan Kebahagiaan Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 1 Bontihing. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE yang tersusun 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini yaitu buku instrumen penilaian. Kemudian, objek dalam penelitian ini adalah validitas isi media, respon guru dan siswa sebagai pengguna media. Pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil validitas ahli instrumen dan ahli media instrumen penilaian non-tes yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 3,94 dan 3,97 dengan kualifikasi validitas isi valid, (2) tingkat pencapaian respon guru terhadap instrumen penilaian non-tes adalah sebesar 100% dan 90% dengan kualifikasi sangat baik, dan (3) tingkat respon siswa terhadap instrumen penilaian non-tes adalah sebesar 97,92% dan 99,11% dengan kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen penilaian, kenyamanan belajar, kebahagiaan belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Putri Suteni |
Date Deposited: | 23 May 2025 01:26 |
Last Modified: | 23 May 2025 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |