Yogiswara, Oka Ananta (2025) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teknik Dasar Hindaran Dan Teknik Dasar Tangkapan Berbasis Website Berorientasi Project based learning Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktek Pembelajaran Pencak Silat. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011009-COVER.pdf Download (782kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011009-ABSTRAK.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011009-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran teknik dasar hindaran dan teknik dasar tangkapan berbasis website berorientasi project based learning pada mata kuliah teori dan praktik pembelajaran pencak silat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan dari Borg & gall yang terdiri dari 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan produk utama, 7) revisi produk, 8) uji coba lapangan skala luas/uji kelayakan, 9) revisi produk akhir, untuk tahap ke 10 yaitu desiminasi dan implementasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa FOK. Instrumen yang digunakan yaitu, skala 5 dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rancang bangun multimedia pembelajaran terdiri dari menu home, menu tujuan pembelajaran, pedoman Belajar, aktivitas belajar (terdiri dari penentuan proyek, perencanaan proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan, pelaksanaan proyek dengan bimbingan pendidik), pengumpulan proyek, evaluasi, rangkuman materi, profil. Uji validitas multimedia pembelajaran diperoleh dari hasil uji ahli isi mendapatkan skor 95%, uji ahli media 96%, uji ahli desain pembelajaran 90%, uji coba perorangan 92,5%, uji coba kelompok kecil 93,4%, uji coba kelompok besar 96,1%, dan uji kepraktisan 97,3%. Dapat disimpulkan bahwa rancang bangun multimedia pembelajaran ini terdiri dari menu home, tujuan pembelajaran, pedoman belajar, aktivitas belajar, pengumpulan proyek, evaluasi, rangkuman dan profil. Uji validitas multimedia pembelajaran memperoleh hasil sangat layak. Uji kepraktisan memproleh hasil sangat praktis. Sehingga, multimedia pembelajaran dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran pencak silat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran, Website, PJBL, Pencak Silat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Oka Ananta Yogiswara |
Date Deposited: | 27 May 2025 00:57 |
Last Modified: | 27 May 2025 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |