Rahayu W., Mugi (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DAJAN PEKEN KECAMATAN TABANAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031035-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031035-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031035-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TSTS berbantuan metode mind mapping dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional pada siswa kelas V SDN 1 Dajan Peken Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas V SD Negeri 1 Dajan Peken Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 147 siswa (4 kelas paralel). Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan melakukan pengundian. Sampel berjumlah 72 siswa, yaitu 36 siswa kelas VA (kelas eksperimen) dan 36 siswa kelas VB (kelas kontrol). Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan metode tes dengan jenis tes objektif pilihan ganda, kemudian dianalisis menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 3,920, dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 36 + 36 – 2 = 70 sehingga didapat ttabel = 1,99444. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TSTS berbantuan metode mind mapping dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan mean kelompok eksperimen lebih tinggi dari mean kelompok kontrol, yaitu 79,06>68,75. Dengan demikian, model pembelajaran TSTS berbantuan metode mind mapping efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Dajan Peken Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil tersebut, diharapkan kepada kepala sekolah ataupun guru dapat memfasilitasi dan lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TSTS, mind mapping, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Mugi Rahayu W. |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 01:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 01:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2442 |
Actions (login required)
View Item |