Sintadewi, Niputu (2020) PENGARUH MODEL CREATIVE MOVEMENT TERHADAP PERSONAL SKILL ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK GUGUS III KECAMATAN PAYANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061005-COVER.pdf Download (314kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061005-ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611061005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061005-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh model creative movement terhadap personal skill anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Gugus III Kecamatan Payangan Gianyar, dengan sampel TK Melati sebagai kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment), dan TK Hindu Widya Kumara Santhi sebagai kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan (treatment). Analisis data melalui statistik deskriptif yang meliputi mean, median, modus, standar deviasi dan varians, dan statistik inferensial dalam pengambilan keputusan yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic version 24 for Windows. Hasil interpretasi analisis data uji hipotesis dibantu dengan IBM SPSS Statistic version 24 for Windows dapat diinterpretasikan bahwa skor Sig.(2-tailed) diperoleh 0.001, sehingga dapat dipahami bahwa skor signifikansi lebih lebih kecil dari α (0,001<0,05). Kemudian dari nilai thitung = 3.674, sedangkan ttabel = 2,021, sehingga dapat dipahami bahwa thitung>ttabel. Dari kedua pernyataan tersebut dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menjadi suatu temuan yang menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model creative movement terhadap personal skill anak. Sehingga, dari paparan pembahasan hasil penelitian di atas dapat dikemukakan bahwa model creative movement berpengaruh postitif bagi kecakapan personal (personal skill) anak. Kata kunci: model, creative movement, personal skill
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model, creative movement, personal skill |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sinta Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 10:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 10:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2447 |
Actions (login required)
View Item |