PENGGUNAAN APLIKASI WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI DI KELAS X TJKT 1 SMKN BALI MANDARA

Selina Brilianthi, Komang (2025) PENGGUNAAN APLIKASI WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI DI KELAS X TJKT 1 SMKN BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112011036-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112011036-ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2112011036-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2112011036-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2112011036-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011036-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2112011036-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112011036-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas X TJKT 1 SMKN Bali Mandara melalui penggunaan aplikasi Webtoon sebagai media pembelajaran. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan menulis siswa yang ditandai dengan kesulitan dalam mengembangkan ide, menyusun alur, serta penggunaan bahasa yang kurang tepat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes menulis, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan menulis siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 74 dengan tingkat ketuntasan sebesar 43,48%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 86 dan tingkat ketuntasan mencapai 95,65%. Respons siswa terhadap penggunaan Webtoon juga sangat positif, sebagian besar siswa merasa terbantu dalam memahami struktur cerita dan lebih termotivasi dalam menulis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Webtoon efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita fiksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Webtoon, keterampilan menulis, cerita fiksi, media pembelajaran, PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Komang Selina Brilianthi
Date Deposited: 19 Jun 2025 01:44
Last Modified: 19 Jun 2025 01:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24518

Actions (login required)

View Item View Item