EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AKUN @bumibutuhaksi TERHADAP LITERASI SISWA TENTANG MITIGASI BENCANA PERUBAHAN IKLIM DI SMAN 3 SINGARAJA

Rudiana, Kadek (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AKUN @bumibutuhaksi TERHADAP LITERASI SISWA TENTANG MITIGASI BENCANA PERUBAHAN IKLIM DI SMAN 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114031006-COVER.pdf

Download (722kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114031006-ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2114031006-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114031006-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya literasi siswa tentang mitigasi bencana perubahan iklim dan belum optimalnya pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran menjadi tantangan serius dalam pembelajaran geografi. Perubahan iklim belum menjadi perhatian serius khsususnya dalam dunia pendidikan mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa tentang perubahan iklim. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan akun @bumibutuhaksi dalam meningkatkan literasi siswa tentang mitigasi bencana perubahan iklim. Dengan desain eksperimen semu, pendekatan kuantitatif, hasil analisis menunjukan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-Gain sebesar 81,37% (efektif), sedangkan kelas kontrol 19,27% (tidak efektif). Model ini terbukti mampu meningkatkan literasi siswa dari aspek kognitif, keterampilan, serta sikap secara komperhensif. Model pembelajaran ini dapat menciptakan pembelajaran kontekstual dan partifipatif yang memperkuat pengalaman belajar siswa. Model ini tidak hanya berkontribusi pada hasil belajar, tetapi juga menjadi alternatif strategis dalam pembelajaran abad ke-21. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, Perubahan iklim, Literasi bencana, Sosial media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing, Perubahan iklim, Literasi bencana, Sosial media.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Kadek Rudiana
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:11
Last Modified: 23 Jun 2025 08:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24677

Actions (login required)

View Item View Item