Rudiana, Kadek (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AKUN @bumibutuhaksi TERHADAP LITERASI SISWA TENTANG MITIGASI BENCANA PERUBAHAN IKLIM DI SMAN 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114031006-COVER.pdf Download (722kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114031006-ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2114031006-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (948kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114031006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rendahnya literasi siswa tentang mitigasi bencana perubahan iklim dan belum optimalnya pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran menjadi tantangan serius dalam pembelajaran geografi. Perubahan iklim belum menjadi perhatian serius khsususnya dalam dunia pendidikan mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa tentang perubahan iklim. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan akun @bumibutuhaksi dalam meningkatkan literasi siswa tentang mitigasi bencana perubahan iklim. Dengan desain eksperimen semu, pendekatan kuantitatif, hasil analisis menunjukan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-Gain sebesar 81,37% (efektif), sedangkan kelas kontrol 19,27% (tidak efektif). Model ini terbukti mampu meningkatkan literasi siswa dari aspek kognitif, keterampilan, serta sikap secara komperhensif. Model pembelajaran ini dapat menciptakan pembelajaran kontekstual dan partifipatif yang memperkuat pengalaman belajar siswa. Model ini tidak hanya berkontribusi pada hasil belajar, tetapi juga menjadi alternatif strategis dalam pembelajaran abad ke-21. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, Perubahan iklim, Literasi bencana, Sosial media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri terbimbing, Perubahan iklim, Literasi bencana, Sosial media. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Kadek Rudiana |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:11 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |