Suarsih, Ketut (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI KEARIFAN LOKAL BALI BERBASIS MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN OPERASI HITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031416-COVER.pdf Download (689kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031416-ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031416-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031416-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031416-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031416-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031416-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031416-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031416-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif, mengetahui validitas video animasi, mengetahui kepraktisan video animasi dan mengetahui efektivitas dari video animasi kearifan lokal bali berbasis model inquiry learning untuk menstimulasi kemampuan operasi hitung siswa kelas II sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, kuesioner dan tes (pilihan ganda). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model ADDIE. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi matematika. Data dari uji kepraktisan bersumber dari praktisi/guru kelas II dan 10 siswa kelas II SD. Pengujian efektivitas produk dilakukan menggunakan desain one group pretest-postest dengan jumlah sampel 19 siswa kelas II SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rerata hasil validitas ahli materi pembelajaran bernilai 4,45 dengan kualifikasi sangat baik, (2) rerata hasil validitas ahli media pembelajaran bernilai 4,79 dengan kualifikasi sangat baik, (3) persentase kepraktisan berdasarkan respon guru bernilai 97,45% dan kepraktisan berdasarkan respon siswa bernilai 95,2% dengan kualifikasi sangat baik, (4) Hasil uji- t satu sampel menunjukkan nilai signifikansi pada uji-t berkorelasi berada pada angka <0,001 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga produk animasi kearifan lokal bali berbasis model inquiry learning efektif untuk menstimulasi kemampuan operasi hitung siswa kelas IIsekolah dasar. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa animasi kearifan lokal bali berbasis model inquiry learning valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan untuk menstimulasi kemampuan operasi hitung siswa kelas II SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal Bali, Kemampuan Operasi Hitung, SD, Video Animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Suarsih |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 05:04 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 05:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |