PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PADANGBULIA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Listiana, Ni Kadek Epa (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PADANGBULIA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111021011-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111021011-ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111021011-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111021011-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses rancang bangun pengembangan E-Modul berpendekatan kontekstual pada muatan pelajaran IPAS, (2) validitas E-Modul pada muatan pelajaran IPAS, (3) efektivitas E-Modul berpendekatan kontekstual pada muatan pelajaran IPAS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Padangbulia tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin and Peck. Subjek penelitian ini dalam ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 25 orang siswa kelas IV untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menemukan: (1) bahan ajar e-modul ini dikembangkan dengan model Hannafin and Peck melalui tiga tahapan (penilaian kebutuhan, desain, dan pengembangan dan implementasi). (2) validitas bahan ajar e-modul dari hasil uji (a) ahli isi pembelajaran sebesar 97,14%, (b) ahli desain pembelajaran sebesar 96,36%, (c) ahli media pembelajaran sebesar 93,75%, (d) uji coba perorangan sebesar 96,67%, (e) uji coba kelompok kecil sebesar 98%, dan (f) uji coba lapangan sebesar 98,64% dengan persentase skor yang dikualifikasikan sangat baik. (3) efektivitas bahan ajar e-modul diukur dari hasil uji-t yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antar sebelum dan sesudah menggunkan bahan ajar e-modul pada muatan mata pelajaran IPAS dengan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukan bahwa signifikansi lebih kecil dari 0,05 (nilai Signifikansi (2-tailed) < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul IPAS efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 2 Padangbulia. Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar, berpendekatan kontekstual, Hannafin and Peck, IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, berpendekatan kontekstual, Hannafin and Peck, IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Ni Kadek Epa Listiana
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:56
Last Modified: 24 Jun 2025 04:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24764

Actions (login required)

View Item View Item