Syafaah, Nur (2025) MENGUNGKAP MOTIVASI UMKM DALAM KEPUTUSAN UNTUK MENGGUNAKAN FASILITAS PEMBIAYAAN BTPN SYARIAH (STUDI PADA NASABAH BTPN SYARIAH GEROKGAK). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2017051025-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2017051025-ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2017051025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017051025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2017051025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017051025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2017051025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2017051025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2017051025-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Seiring dengan perkembangan jumlah UMKM khususnya di wilayah kecamatan Gerokgak, lembaga perbankan seperti BTPN Syariah telah fokus menyediakan pembiayaan ritel. Pembiayaan ini memiliki competitif advantage yang akan membuat produk dari Bank Syariah unik dan untuk menyasar segmen yang berbeda dari bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang memotivasi UMKM di Kecamatan Gerokgak dalam memilih fasilitas pembiayaan Tepat Pembiayaan Syariah Kelompok dari BTPN Syariah, strategi bank dalam menarik minat UMKM, serta dampaknya terhadap perkembangan usaha. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi UMKM dipengaruhi oleh reputasi BTPN Syariah, kemudahan prosedur, transparansi akad, prinsip syariah dalam transaksi, kualitas layanan, serta adanya program pendampingan dan pelatihan. Keputusan nasabah tidak hanya didorong oleh kebutuhan finansial, tetapi juga oleh faktor internal dan eksternal. Pembiayaan BTPN Syariah memberikan dampak positif berupa peningkatan pendapatan dan akses terhadap program pengembangan usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, UMKM, Pembiayaan, BTPN Syariah. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Nur Syafaah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 19:27 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 19:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |