PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA TOPIK MEMAKAN DAN DIMAKAN MUATAN IPA KELAS V SD NO. 1 KAPAL

Dewi, Ni Putu Winda Permata Puspa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA TOPIK MEMAKAN DAN DIMAKAN MUATAN IPA KELAS V SD NO. 1 KAPAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031008-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031008-ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (640kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN)
2111031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031008-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan memainkan peran vital dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memerlukan proses pembelajaran yang adaptif dan efektif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Metode pembelajaran konvensional sering kali menghambat pencapaian hasil belajar optimal, seperti yang terlihat dalam pembelajaran IPA di kelas V SD. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada topik materi "memakan dan dimakan" dalam muatan IPA kelas V SD yang mengadopsi model ADDIE. Hasilnya menunjukkan kualitas yang sangat baik, dengan media yang divalidasi oleh para ahli dan memperoleh skor validitas sempurna (1,0) untuk aspek materi, desain instruksional, dan media. Kepraktisan media juga sangat tinggi, berdasarkan uji coba oleh pendidik dan siswa. Yang paling penting, media ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan hasil uji-t yang menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest (p-value < 0,05). Dengan demikian, media pembelajaran interaktif ini terbukti valid, praktis, efektif, dan layak digunakan. Penelitian lanjutan disarankan untuk menguji efektivitas media lebih luas dan mengukur dampaknya dalam jangka panjang pada aspek-aspek pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Pendekatan Kontekstual, IPAS, Hasil Belajar, ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Winda Permata Puspa Dewi
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:04
Last Modified: 25 Jun 2025 06:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24813

Actions (login required)

View Item View Item