PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MODEL KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP

Pariani, Ni Nyoman (2025) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MODEL KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329111003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329111003-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2329111003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (485kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329111003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329111003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329111003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329111003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pariani, Ni Nyoman (2025). Pengembangan Panduan Model Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Pada Siswa SMP. Tesis, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Nyoman Dantes, dan Pembimbing II : Dr. Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S.Psi., M.A., M.Psi.,Psikolog. Kata Kunci : Konseling Behavioral, Teknik Modeling simbolik, Bullying. Pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak hanya bertujuan mengembangkan kemampuan akademik, tetapi juga membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, dan mampu menjalin relasi sosial yang sehat, sebagaimana diamanatkan dalam Profil Pelajar Pancasila melalui implementasi Kurikulum Merdeka. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa perilaku bullying, baik verbal maupun digital, masih marak terjadi dan mencerminkan lemahnya kontrol diri serta belum optimalnya internalisasi nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji efektivitas panduan konseling Behavioral dengan teknik modeling simbolik untuk mereduksi perilaku bullying. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa kelas VII, serta melibatkan validator ahli dari bidang bimbingan konseling, pendidikan, dan psikologi. Instrumen penelitian meliputi kuesioner keberterimaan buku panduan, kuesioner kepraktisan buku panduan, dan kuesioner perilaku bullying yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil validasi menunjukkan bahwa panduan konseling berada dalam kategori sangat layak, dengan rata-rata kepraktisan sebesar 87%. Uji coba terbatas menunjukkan efektivitas signifikan dalam menurunkan perilaku bullying, dengan skor N-Gain sebesar 92% pada kelompok eksperimen dan 39% pada kelompok kontrol. Hasil uji hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,012, menandakan perbedaan signifikan antar kelompok. Temuan ini menunjukkan bahwa panduan konseling Behavioral berbasis modeling simbolik efektif dan aplikatif dalam menangani bullying di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioral,Teknik Modeling simbolik, Bullying.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Ni Nyoman Pariani
Date Deposited: 26 Jun 2025 00:35
Last Modified: 26 Jun 2025 00:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24851

Actions (login required)

View Item View Item