PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL TEHNIK SELF-MANAGEMENT BERBANTUAN APLIKASI TRELLO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 DENPASAR

Negari, Ida Ayu Putu Prahasti (2025) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL TEHNIK SELF-MANAGEMENT BERBANTUAN APLIKASI TRELLO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329111007-COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329111007-ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329111007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (387kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329111007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329111007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2320111007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329111007-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ida Ayu Putu Prahasti Negari (2025). Pengembangan Panduan Konseling Behavioral Teknik Self-Management dengan Bantuan Aplikasi Trello untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Tesis, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Ketut Gading, M.Psi., dan Pembimbing II : Prof. Dr. Nyoman Dantes, Kata Kunci : Konseling Behavioral, Teknik Self Management berbantuan Trello, Motivasi Berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas panduan konseling perilaku menggunakan teknik manajemen diri berbantuan aplikasi Trello dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Latar belakang penelitian ini bermula dari rendahnya motivasi berprestasi siswa SMP yang berdampak pada keterlibatan akademik dan kemampuan siswa dalam mengelola proses pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek uji coba terdiri dari tujuh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Denpasar yang teridentifikasi memiliki motivasi berprestasi rendah. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket praktikalitas, dan skala motivasi berprestasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, analisis N-Gain, dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan yang dikembangkan memiliki tingkat validitas konten yang tinggi, kepraktisan yang baik (skor kepraktisan rata-rata 84,83 %.), dan efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan motivasi berprestasi, dengan skor N-Gain berkisar antara 0,78 hingga 0,88 dan hasil yang signifikan secara statistik berdasarkan uji Wilcoxon. Intervensi ini terbukti mendorong pengaturan diri siswa, meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran, dan memanfaatkan teknologi digital secara optimal. Panduan ini dapat direplikasi dalam konteks sekolah lain sebagai strategi konseling berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioral, Teknik Self Management berbantuan Trello, Motivasi Berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Ida Ayu Putu Prahasti Negari
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:45
Last Modified: 26 Jun 2025 07:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24867

Actions (login required)

View Item View Item