PENGEMBANGAN E-MODULE IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Dewi, Ni Putu Ratna Asti (2025) PENGEMBANGAN E-MODULE IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113071022-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113071022-ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113071022-LAMPIRAN.pdf

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan e-module IPA berbasis problem based learning untuk siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dibatasi sampai pada langkah ketiga yaitu mencakup, analyze, design dan development. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 2 orang ahli Pendidikan IPA untuk uji validitas, 5 orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 10 orang peserta didik untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) e-module IPA memiliki karakteristik berupa e-module disusun berdasarkan sintaks model problem based learning, disajikan secara interaktif dengan dilengkapi audio-visual. 2) e-module IPA dinyatakan sangat valid dari lima aspek yaitu, aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, kegrafikan, dan media elektronik berdasarkan hasil penilaian dari ahli Pendidikan IPA dengan perolehan skor rata-rata sebesar 1,00. 3) e-module IPA dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil penilaian dari guru dengan perolehan skor rata-rata sebesar 4,56. 4) e-module IPA dinyatakan sangat terbaca berdasarkan hasil penilaian dari peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 4,4. E-module IPA berbasis problem based learning pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP kelas VII dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat terbaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-module IPA, problem based learning, klasifikasi makhluk hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Putu Ratna Asti Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:10
Last Modified: 26 Jun 2025 06:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24891

Actions (login required)

View Item View Item