Dewi, Ni Putu Ratna Asti (2025) PENGEMBANGAN E-MODULE IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071022-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071022-ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071022-LAMPIRAN.pdf Download (30MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan e-module IPA berbasis problem based learning untuk siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dibatasi sampai pada langkah ketiga yaitu mencakup, analyze, design dan development. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 2 orang ahli Pendidikan IPA untuk uji validitas, 5 orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 10 orang peserta didik untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) e-module IPA memiliki karakteristik berupa e-module disusun berdasarkan sintaks model problem based learning, disajikan secara interaktif dengan dilengkapi audio-visual. 2) e-module IPA dinyatakan sangat valid dari lima aspek yaitu, aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, kegrafikan, dan media elektronik berdasarkan hasil penilaian dari ahli Pendidikan IPA dengan perolehan skor rata-rata sebesar 1,00. 3) e-module IPA dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil penilaian dari guru dengan perolehan skor rata-rata sebesar 4,56. 4) e-module IPA dinyatakan sangat terbaca berdasarkan hasil penilaian dari peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 4,4. E-module IPA berbasis problem based learning pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP kelas VII dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat terbaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module IPA, problem based learning, klasifikasi makhluk hidup |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ratna Asti Dewi |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:10 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |