PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SD GUGUS IV KECAMATAN GEROKGAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Iftitah, Nurlaili (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SD GUGUS IV KECAMATAN GEROKGAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031372-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031372-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031372-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031372-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031372-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031372-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031372-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031372-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031372-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Keterampilan menulis karangan sangat penting dibelajarkan di sekolah dasar karena menulis karangan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa, dengan menulis karangan siswa dapat menceritakan atau menerangkan hal-hal penting yang ditemukan dalam bentuk tulisan. Namum kurangnya minat siswa dalam menulis karangan, hal ini terjadi karena guru dalam pembelajaran tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif, dan media pembelajaran yang menarik minat siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media monopoli terhadap keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III di SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh SD Negeri 2 Gerokgak sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan SD Negeri 2 Sanggalangit sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen keterampilan menulis karangan sederhana, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 11,457. Sedangkan ttabel dengan db=57 dan taraf signifikansi 5% sebesar 2,002. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (thitung >ttabel) dengan demekian disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media monopoli berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis karangan sederhana. Adanya penelitian ini membantu guru untuk memperkaya refrensi terhadap model dan media pembelajaran yang bisa digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TTW, monopoli, keterampilan menulis karangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Nurlaili Iftitah
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:12
Last Modified: 28 Jul 2020 06:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item