Astini, Ni Komang Yudi (2025) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUKASADA MELALUI PENGGUNAAN LKPD ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN IPA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071020-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071020-ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071020-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui penggunaan LKPD elektronik, (2) mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan penggunaan LKPD elektronik pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling yaitu cluster random sampling dengan jumlah sampel 63 siswa kelas VII dan guru IPA kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa serta keunggulan dan kelemahan penggunaan LKPD elektronik pada pembelajaran IPA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif, direduksi, dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada melalui penggunaan LKPD elektronik berada pada kategori tinggi dengan persentase 70,03%. Jumlah siswa yang tergolong motivasi sedang yaitu 8 siswa (12,70%) dengan rata-rata persentase angket 57,27%, jumlah siswa yang tergolong tinggi yakni 51 siswa (80,96%) dengan rata-rata persentase angket 70,84%, jumlah siswa yang tergolong motivasi sangat tinggi 4 siswa (6,34%) dengan rata-rata persentase angket 81,97%. (2) keunggulan penggunaan LKPD elektronik pada pembelajaran IPA yakni menyediakan fitur yang interaktif, memberikan fleksibelitas, efisiensi waktu pembelajaran, memberikan kemudahan akses dan ramah lingkungan. Kelemahan penggunaan LKPD elektronik yakni adanya gangguan koneksi, error pada sistem, kurangnya interaksi, keterampilan digital siswa yang kurang memadai, dan menyebabkan adanya gangguan konsentrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, keunggulan, kelemahan, e-LKPD, IPA SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Yudi Astini |
Date Deposited: | 29 Jun 2025 11:07 |
Last Modified: | 29 Jun 2025 11:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |