Sudira, Ni Made Lyvia Komalasari (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL TERRHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031294-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031294-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031294_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031294-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031294-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031294-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031294-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031294-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031294-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kontekstual berbasis Multikultural terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung tahun ajaran 2019/2020. Jenis pada penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Polulasi yang terdapat pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung sebanyak 130 siswa yang terdiri dari 6 kelas dari 6 sekolah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling untuk menentukan kelompok eksperomen dan kelompok kontrol. Sehingga diperoleh kelas V di SD No. 5 Pecatu sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas V di SD No. 4 Pecatu sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan PPKn dilakukan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 32 soal yang sudah diuji instrumen dengan validitas, uji daya beda, indeks kesukaran, dan reliabilitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,83 > ttabel = 1,68 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 42, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kontekstual berbasis Multikultural dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kontekstual berbasis Multikultural berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus VII Kuta Selatan Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci : kontekstual, multikultural, pengetahuan PPKn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Lyvia Komalasari Sudira |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 01:02 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2497 |
Actions (login required)
View Item |