PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Dewi, Ni Nyoman Ayu Kristina (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1616011053-COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1616011053-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1616011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1616011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1616011053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1616011053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1616011053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1616011053-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri (inquiry) terhadap hasil belajar teknik dasar passing (overhead pass dan bounce pass) bola basket. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 2 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020, keseluruhan kelas berjumlah 8 kelas dengan populasi 301 orang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas X MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan diluar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 19.41 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 12.16. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.001 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri (inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing (overhead pass dan bounce pass) bola basket di SMA N 2 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri (inquiry) karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: inkuiri, hasil belajar, passing bola basket
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Ayu Kristina Dewi
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:35
Last Modified: 27 Jul 2020 04:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item View Item