Pengembangan E-Book Pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas IV Di SD Negeri 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2023/2024

Ifanka Hutapea, Desmaria Eka and Simamora, Alexander Hamonangan and Tegeh, I Made (2025) Pengembangan E-Book Pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas IV Di SD Negeri 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1811031035-COVER)
1811021035-COVER.pdf

Download (537kB)
[img] Text (1811031035-ABSTRAK)
1811031035-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (1811031035-BAB I PENDAHULUAN)
1811021035-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text (1811031035-BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS)
1811021035-BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (1811031035-BAB III METODE PENELITIAN)
1811021035-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (1811031035-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1811021035-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (1811031035-BAB V PENUTUP)
1811021035-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (1811031035-DAFTAR RUJUKAN)
1811021035-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text (1811031035-LAMPIRAN)
1811021035-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar konvensional dan kebutuhan akan media pembelajaran inovatif di era digital. Penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk mengembangkan sekaligus menguji tingkat kelayakan sebuah e-book interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang dirancang untuk siswa kelas IV di SD Negeri 4 Banyuasri, untuk menciptakan pengalaman belajar yang valid, praktis, dan efektif. Kerangka kerja yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahapan sistematis: Analysis (analisis kebutuhan siswa dan kurikulum), Design (perancangan storyboard dan struktur e-book), Development (produksi dan realisasi e-book), Implementation (uji coba produk di kelas), dan Evaluation (pengukuran kelayakan dan efektivitas). Proses pengujian kelayakan melibatkan validasi dari tiga ahli—ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media—serta uji coba pengguna langsung melalui uji coba perorangan dan kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book IPAS yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan dengan predikat “sangat baik”. Secara kuantitatif, skor validasi dari para ahli adalah 89% dari ahli isi (kategori baik), 90% dari ahli desain pembelajaran (sangat baik), dan 93% dari ahli media pembelajaran (sangat baik). Respons positif pengguna juga tercermin dari skor 91,04% pada uji coba perorangan dan 91,05% pada uji coba kelompok kecil. Keunggulan produk ini terletak pada antarmuka visual yang menarik, integrasi fitur interaktif seperti video dan kuis, serta fleksibilitas akses pada berbagai perangkat digital. Implikasi dari penelitian ini bersifat signifikan. Secara teoretis, temuan ini memperkaya khazanah literatur akademik mengenai penerapan model ADDIE dalam pengembangan media digital. Secara praktis, produk yang dihasilkan dapat menjadi model bagi para pendidik untuk berinovasi dan beralih dari metode konvensional ke pembelajaran berbasis teknologi yang lebih interaktif. Lebih jauh, penerapan e-book ini di lingkungan sekolah secara tidak langsung turut mendukung program penguatan literasi digital, sebuah kompetensi krusial di abad ke-21 bagi guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-book, model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desmaria Eka Ifanka Hutapea
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:59
Last Modified: 04 Jul 2025 07:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25184

Actions (login required)

View Item View Item