Punia Darmika, I Made (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMED (COUNTING MEDIA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS V SD NEGERI 1 NAGASEPAHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031191-COVER.pdf Download (809kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031191-ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031191-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031191-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031191-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031191-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031191-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031191-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031191-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Matematikan di sekolah dasar yang belum optimal karena pembelajaran yang kurang menarik serta kurangnya pemamfaatan media pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi operasi penjumlahan bilangan cacah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Media Pembelajaran COMED (Counting Media) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada muatan Matematika materi penjumlahan bilangan cacah. Subjek penelitian ini terdiri atas 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, 1 orang praktisi, dan 1 rombel siswa kelas V SD Negeri 1 Nagasepaha, sedangkan objek penelitian yaitu Media Pembelajaran COMED pada muatan Matematika materi operasi penjumlahan bilangan cacah sampai 100.000. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi dan angket/kuisioner dengan menggunakan instrumen berupa lembar kuesioner. Penelitian ini mengahasilkan Media Pembelajaran COMED yang mendapat indeks validiatas dan tingkat kepraktisan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Media Pembelajaran COMED pada muatan Matematika materi operasi penjumlahan bilangan cacah efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dengan adanya peningkatan nilai siswa yang signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan media. Temuan ini membuktikan bahwa Media Pembelajaran COMED dapat digunakan sebagai alternatif media inovatif dalam pembelajaran matematika, khususnya untuk materi operasi penjumlahan bilangan cacah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, media pembelajaran, bilangan cacah |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Punia Darmika |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:19 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 05:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |