Darmawan, Made Haya Putri (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 3 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021014-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021014-ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021014-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan metakognitif siswa kelas IV dalam pembelajaran IPAS menjadi masalah utama yang memengaruhi kualitas hasil belajar. Kurangnya variasi media pembelajaran yang inovatif juga menghambat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengembangkan video pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan model ADDIE guna meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas IV SD dan tiga ahli (media, desain, dan isi) untuk validasi produk. Data dikumpulkan melalui angket validasi, wawancara, pretest-posttest, serta kuesioner kemampuan metakognitif. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan statistik untuk mengukur efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan metakognitif siswa setelah menggunakan video pembelajaran interaktif berbasis PBL, sesuai dengan tujuan utama penelitian. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa pada pembelajaran IPAS. Implikasi penelitian ini mendorong guru untuk mengintegrasikan media interaktif dalam pembelajaran guna meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa, sekaligus memperkuat literasi digital dan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad 21.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran Interaktif, Metakognitif, Problem Based Learning, ADDIE, IPAS, SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Made Haya Putri Darmawan |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 23:59 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 23:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |