PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD

Dewi, Ketut Sarista (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031529-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031529-ABSTRAK.pdf

Download (628kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031529-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (589kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031529-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031529-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031529-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031529-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031529-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031529-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrumen kuesioner dan tes objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Data hasil validitas isi diperoleh dari penilaian dari ahli (judges). Pada penelitian ini memproleh hasil penilaian validitas isi sebesar 1,00, hasil tersebut memiliki kriteria validitas isi sangat tinggi. (2) Data dari kepraktisan media bersumber pada penilaian respons praktisi dan respons siswa 20 siswa kelas IV SD Negeri 1 Menyali. Hasil respons presentase respons praktisi sebesar 94% dan hasil respons siswa memproleh skor rata-rata 90,8% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Hasil uji-t independent t-test menunjukkan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 atau p < 0,05. Nilai p yang lebih kecil dari 0.05 menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikansi antara kelompok yang menggunakan media ular tangga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD. Media pembelajaran ular tangga yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif diharapkan mampu digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD, sehingga dapat memperbaiki kualitiias pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media pembelajaran, ular tangga, membaca pemahaman, model ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Sarista Dewi
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:34
Last Modified: 09 Jul 2025 06:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25376

Actions (login required)

View Item View Item