PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS NILAI TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD N GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN

Putra, I Putu Gede Wahyu Nandika (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS NILAI TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD N GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, Universita Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031071-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031071-ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031071-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031071-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031071-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031071-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031071-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbasis nilai Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD N Gugus Jendral Sudirman kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V di SD N Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 324 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V B SD N 2 Sesetan sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dengan penggunaan model Discovery Learning berbasis nilai Tri Hita Karana, kelas V SD N 13 Sesetan sebanyak 44 siswa sebagai kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dengan jenis tes pilihan ganda biasa, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS siswa yang mengikuti model Discovery Learning berbasis nilai Tri Hita Karana dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari nilai rata – rata gain skor post-test pada kelompok eksperimen sebesar 0,367, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,216. Demikian pula pada hasil uji-t yang menunjukan thitung = 5,983 dan ttabel = 1,998 untuk dk = 77 dengan taraf signifikansi 5%. Sehingga thitung > ttabel (5,983 > 1,998) maka Ha diterima dan Ho ditolak.Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbasis nilai Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD N Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery learning, Tri Hita Karana, kompetensi pengetahuan IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Gede Wahyu Nandika Putra
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:04
Last Modified: 27 Jul 2020 04:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item View Item