Utami, Ni Komang Putri Dwi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL KENDI GERABAH PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI WIRAUSAHA KELAS V SD NO. 4 KAPAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031197-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031197-ABSTRAK.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031197-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031197-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031197-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031197-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031197-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031197-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031197-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta kurangnya media pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan berbasis budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas media e-book interaktif berbasis kearifan lokal kendi gerabah dengan model Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan denga menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar denga jumlah siswa 26. Jenis data pada penelitian ini dikelompokkan menjadi dua jenis data diantaranya data kualitatif dan data kuantitaif. Metode dan instrument pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini menggunakan kuisioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli dan efektif meningkatkan keterlibatan serta hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi media interaktif, model pembelajaran proyek, dan kearifan lokal dapat menjadi alternatif pembelajaran inovatif dan bermakna di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : E-book, Project Based Learning, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Putri Dwi Utami |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 23:39 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 23:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |