PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERCERITA BERBASIS HEYZINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PEJENG

Mahadewi, Ni Luh Kadek (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERCERITA BERBASIS HEYZINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PEJENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031502-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031502-ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031502-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031502-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031502-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031502-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031502-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031502-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031502-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun media flipbook bercerita berbasis hezine untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas III SD Negeri 1 Pejeng, (2) validitas/kelayakan media flipbook bercerita berbasis hezine untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas III SD Negeri 1 Pejeng yang ditinjau dari ujiahli isi/materi, desain instruksional, media, kepraktisan, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil kelas III SD Negeri 1 Pejeng, (3) efektivitas media flipbook bercerita berbasis hezine untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas III SD Negeri 1 Pejeng. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil kemampuan membaca siswa terkait materi menganalisis unsur intrinsik pada cerita. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media pembelajaran flipbook bercerita berbasis heyzine untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa (2) flipbook bercerita ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian oleh 2 ahli isi yang mendapatkan hasil sama sebesar 93,75%, penilaian ahli desain sebesar 93,75%, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 92,50%, penilaian ahli kepraktisan sebesar 96.87%, uji coba perorangan sebesar 96,20%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 95,45%,(3) berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung dibandingkan dengan hasil ttabel pada taraf 5% dengan diketahui dk =(n1 – 1 ) = (30 – 1 ) = 29 adalah = 1,699. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung = 32,73 > ttabel = 1,699, maka dari hasil analisis tersebut dapat dibandingkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan (5%) pemerolehan skor membaca cerita pada siswa kelas III SD Negeri 1 Pejeng. Jadi dapat disimpulkan bahwa media flipbook bercerita berbasis heyzine efektif diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi unsur intrinsik dan ekstrinsik pada cerita untuk siswa kelas III SD Negeri 1 Pejeng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Flipbook bercerita, Heyzine, Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Kadek Mahadewi
Date Deposited: 11 Jul 2025 05:25
Last Modified: 11 Jul 2025 05:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25467

Actions (login required)

View Item View Item