Dwiyanti, Ni Made Sona (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS TRI HITA KARANA (THK) UNTUK MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK SHINTA KUMARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111061019-COVER.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111061019-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111061019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111061019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111061019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111061019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111061019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111061019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111061019-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book berbasis tri hita karana sebagai salah satuupaya untuk meningkatkan nilai agama dan moral anak usia dini. Pop-up book efektif dalam meningkatkan kemampuan agama dan moral anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dikelompok B dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Terdapat 4 tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) menghasilkan media pembelajaran berupa Pop-up book, 2) menganalisis validitas, 3) menganalisis respon atau kepraktisan guru dan siswa terhadap Pop-up book, 4) menguji efektifitas media Pop-up book. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dan melibatkan validasi dari para ahli serta uji praktis pada siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan koesioner. Sementara jenis data pada penelitian pengembangan ini yaitu data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) pengembangan media pop-up book berbasis tri hita karana, 2) hasil validitas menunjukan bahwa media pop-up book yang dikembangkan memiliki indeks validitas media sebesar 3,62 dengan kualifikasi valid, 3) hasil kepraktisan media berdasarkan respon guru dan siswa menunjukan kualifikasi sangat baik dan baik dengan nilai sebesar 100% dan 79,8%, dan 4) hasil efektivitas media yang diuji dengan uji-t berkolerasi pada agama dan moral anak memperoleh nilai Sig. (2-tailed) <0,05. Hal ini, menunjukan bahwa penggunaan pop-up book berbasis tri hita karana efektif untuk meningkatkan nilai agama dan moral anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop-up Book1, Agama dan Moral2 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Made Sona Dwiyanti |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 07:57 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 07:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |