PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SD NO. 3 TAMAN KABUPATEN BADUNG

Sari, Ni Komang Yunita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SD NO. 3 TAMAN KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031305-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031305-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031305-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031305-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031305-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031305-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031305-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031305-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031305-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook berbasis Neuro Lingustic Programming (NLP) untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SD No.3 Taman Kabupaten Badung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media scrapbook berbasis Neuro Linguistic Programming (NLP) yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran, dengan tingkat validitas yang sangat baik berdasarkan uji ahli isi/materi, desain instruksional, dan media pembelajaran. selain itu hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa setelah penggunaan media ini dalam pembelajaran. Hasil analisis statistik yang dengan uji t menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 15,02544 dan diperoleh hasil t-tabel 1.761, artinya terdapat peningkatan yang signifikan (5%) pemerolehan skor keterampilan menulis puisi antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran scrapbook. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook efektif diterapkan pada siswa kelas IV SD No.3 Taman, Badung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Scrapbook, Neuro Lingustic Programming, Keterampilan Menulis, Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Yunita Sari
Date Deposited: 12 Jul 2025 01:09
Last Modified: 12 Jul 2025 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25491

Actions (login required)

View Item View Item