Purnamasari, I Gusti Ayu Dian (2025) EVALUASI PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI KABUPATEN BADUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329031028-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329031028-ABSTRAK.pdf Download (862kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329031028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329031028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329031028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329031028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329031028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329031028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (784kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329031028-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Purnamasari, I Gusti Ayu Dian (2018). Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri Kabupaten Badung. Tesis, Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I : Prof. Dr. Kadek Rihendra Dantes, S.T, M.T. dan pembimbing II : Prof. Dr. I Made Yudana, M.Pd. Kata Kunci: Evaluasi, Profil Pelajar Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, P5, CIPP Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri Kabupaten Badung, studi kasus SMP Negeri 4 Abiansemal. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode CIPP (context, input, process dan product). Populasi dari penelitian ini adalah Tim Projek P5 (Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah dan guru pelaksana projek) di kelas VIII dengan jumlah 18 orang, serta peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Abiansemal tahun ajaran 2024-2025 yang berjumlah 235 orang. Sampel penelitian terdiri dari sampel jenuh untuk tim projek yang berjumlah 18 orang dan siswa sebanyak 148 orang yang ditentukan menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara untuk memperoleh informasi awal mengenai pelaksanaan P5, kuesioner sebagai sebagai sumber data utama, dan observasi untuk memperkuat hasil kuesioner. Kuesioner disusun menggunakan skala likert (1-5). Analisis data dilakukan pada variabel CIPP dengan menggunakan arah skor T masing-masing variabel untuk menentukan efektivitas program. Arah skor T digunakan untuk mengidentifikasi tingkat efektivitas pada setiap aspek evaluasi, yaitu context, input, process, dan product. Hasil dari penelitian ini adalah efektivitas program P5 dari aspek context memiliki arah skor T positif (+) atau aspek context efektif, aspek input memiliki arah skor T positif (+) atau aspek input efektif, aspek process memiliki arah skor T positif (+) atau aspek proces efektif, dan aspek product memiliki arah skor T negatif (-) atau aspek product tidak efektif. Berdasarkan kuadran Glickman, efektivitas pelaksanaan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila termasuk kategori efektif (+, +, +, -) namun masih terdapat beberapa catatan dan rekomendasi untuk perbaikan pelaksanaan program P5 yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Profil Pelajar Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, P5, CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Dian Purnamasari |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:14 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |