Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Aristhi, Ni Putu Sistya (2020) Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031063-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031063-ABSTRAK.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031063-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model experiential learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan. Quasi eksperimen adalah jenis dari penelitian ini serta Nonequivalent Control Group Design sebagai rancangan penelitian. Populasi pada penelitian ini berjumlah 274 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Setelah melalui teknik random sampling, SD Negeri 2 Panjer dan SD Negeri 1 Panjer terpilih menjadi sampel penelitian. Sampel sebanyak 37 siswa di kelas IV SD Negeri 2 Panjer sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa di kelas IV SD Negeri 1 Panjer sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan metode tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes uraian yang mengacu pada rubrik penilaian. Rerata keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia pada kelompok eksperimen yaitu x̄ = 78,42 dan kelompok kontrol x̄ = 68,30. Data post-test dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil analisis data diperoleh thitung = 4,668 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% (dk = n1 + n2 – 2 = 75). Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia antara kelompok yang dibelajarkan dengan model experiential learning berbantuan media gambar dan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Maka dapat disimpulkan bahwa model experiential learning berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Gugus Moh. Hatta Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: experiential learning, media gambar, keterampilan menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Sistya Aristhi
Date Deposited: 27 Jul 2020 19:57
Last Modified: 27 Jul 2020 19:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item