Aristhi, Ni Putu Sistya (2020) Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031063-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031063-ABSTRAK.pdf Download (407kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (407kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031063-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031063-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model experiential learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan. Quasi eksperimen adalah jenis dari penelitian ini serta Nonequivalent Control Group Design sebagai rancangan penelitian. Populasi pada penelitian ini berjumlah 274 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Setelah melalui teknik random sampling, SD Negeri 2 Panjer dan SD Negeri 1 Panjer terpilih menjadi sampel penelitian. Sampel sebanyak 37 siswa di kelas IV SD Negeri 2 Panjer sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa di kelas IV SD Negeri 1 Panjer sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan metode tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes uraian yang mengacu pada rubrik penilaian. Rerata keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia pada kelompok eksperimen yaitu x̄ = 78,42 dan kelompok kontrol x̄ = 68,30. Data post-test dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil analisis data diperoleh thitung = 4,668 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% (dk = n1 + n2 – 2 = 75). Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia antara kelompok yang dibelajarkan dengan model experiential learning berbantuan media gambar dan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Maka dapat disimpulkan bahwa model experiential learning berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Gugus Moh. Hatta Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | experiential learning, media gambar, keterampilan menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sistya Aristhi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 19:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 19:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2550 |
Actions (login required)
View Item |