Galuh Monica, Ida Ayu Putu (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping Muatan IPAS Materi Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita Untuk Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (1811031158-COVER)
1811031158-COVER.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text (1811031158-ABSTRAK)
1811031158-ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text (1811031158-BAB I PENDAHULUAN)
1811031158-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text (1811031158-BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1811031158-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811031158-BAB III METODE PENELITIAN)
1811031158-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811031158-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1811031158-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811031158-BAB V PENUTUP)
1811031158-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811031158-DAFTAR PUSTAKA)
1811031158-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text (1811031158-LAMPIRAN)
1811031158-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kajian ini memiliki tujuan guna mencari tahu (1) rancang bangun media pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping pada muatan IPAS dengan materi bagaimana mendapatkan semua keperluan kita untuk kelas IV SD, (2) validitas media pembelajaran Buku Saku, dan (3) respon siswa terhadap media pembelajaran Buku Saku. Pemodelan kajian pengembangan yang digunakan yaitu pemodelan ADDIE yang mempunyai beberapa tahap sistematis yaitu analyze (analisis), design (desain/perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), serta evaluation (evaluasi). Dalam kajian ini subjek uji coba ialah 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 guru praktisi, dan 19 siswa kelas IV SD Negeri 4 Tulikup. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu kuesioner dengan distribusi skala likert. Data dianalisa mempergunakan formula mean guna mendapat skor rata-rata. Perolehan skor rata-rata uji validitas dari ahli materi, ahli media serta praktisi secara berurutan yakni 4,93, 4,90, 4,91 berkualifikasi sangat layak. Sedangkan respon siswa yaitu 4,68 berkualifikasi sangat layak. Berlandaskan pada hasil pengembangan maka bisa ditarik simpulan bahwasanya (1) rancang bangun media pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping meliputi bagian sampul depan, pembuka, isi dan penutup serta sampul belakang, (2) validitas media pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping dinyatakan layak dipergunakan pada kegiatan pembelajaran, dan (3) respon siswa terhadap media pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping dinyatakan layak digunakan pada aktivitas belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Buku Saku, Mind Mapping, dan Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Putu Galuh Monica |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:29 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |