Wirawan, Luh Berlian Maharani (2025) POLA INTERAKSI SOSIAL SISWA NORMAL/REGULER DENGAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (TULI BISU) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BENGKALA, BULELENG, BALI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2114091002-COVER)
2114091002-COVER.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text (2114091002-ABSTRAK)
2114091002-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (2114091002-BAB 1 PENDAHULUAN)
2114091002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (2114091002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114091002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2114091002-METODOLOGI PENELITIAN)
2114091002-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2114091002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114091002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2114091002-BAB 5 PENUTUP)
2114091002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2114091002-DAFTAR PUSTAKA)
2114091002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (2114091002-LAMPIRAN)
2114091002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pola interaksi siswa normal atau reguler dengan siswa berkebutuhan khusus (tuli bisu) di SD Negeri 2 Bengkala, Buleleng, Bali. Proses penelusuran dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus sebagai dasar eksplorasi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan yang sistematis mencakup pengumpulan data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, pola interaksi sosial dari kedua kelompok siswa yaitu siswa normal atau reguler dengan siswa berkebutuhan khusus (tuli bisu) di SD Negeri 2 Bengkala, Buleleng, Bali menunjukkan keberagaman serta menggambarkan bentuk toleransi dari individu-individu yang berbeda. Interaksi kedua kelompok tersebut menunjukkan peran penting dalam mendukung rekan-rekan mereka yang berkebutuhan khusus, serta dalam interaksinya menggambarkan bagaimana metode komunikasi yang adaptif, seperti penggunaan bahasa isyarat lokal yang bermakna bagi semua siswa. Penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan pada saat kedua kelompok tersebut berinteraksi sosial. Serta penelitian ini memiliki aspek-aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar dengan mengacu pada Kurikulum Merdeka pada capaian pembelajaran di fase E mengenai Interaksi Sosial di kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial, Siswa Normal, Siswa Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Luh Berlian Maharani Wirawan |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:54 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |