Suliastini, Made Suar (2025) Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Menjaga Kesehatan Organ Telinga, Hidung, dan Tenggorokan untuk Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1813071027-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1813071027-ABSTRAK.pdf Download (606kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071027-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (713kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071027-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071027-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071027-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071027-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1813071027-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan aspek karakteristik, validitas, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA Terpadu yang dikembangkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Fokus tema modul ini adalah pada upaya menjaga kesehatan organ THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Temuan ini memakai contoh dari rancangan 4D yang diperkenalkan oleh Thiagarajan, yang berisi empat tahapan utama: penjelasan, perencanaan, peningkatan, dan penyebarluasan. Akan tetapi, dalam temuan ini, hanya tiga tahapan yang dilaksanakan, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Uji produk pengembangan dilaksanakan sebanyak tiga tahap, yaitu uji validitas oleh dua orang pakar Pendidikan IPA, uji kepraktisan oleh lima orang guru IPA SMPN 3 Banjar, dan uji keterbacaan oleh sepuluh orang peserta didik kelas VIII SMPN Negeri 3 Banjar. Dalam penelitian ini, digunakan berbagai instrumen untuk mengumpulkan data, seperti lembar observasi, angket analisis kebutuhan guru, angket validasi, angket kepraktisan, serta angket keterbacaan. Informasi yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, modul IPA Terpadu memperoleh skor validitas sebesar 1,0 yang berada pada kategori sangat valid, skor kepraktisan sebesar 4,7 yang menunjukkan tingkat kepraktisan yang tinggi, dan skor keterbacaan sampai dengan 4,5 yang masuk ke dalam kategori sangat terbaca. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa modul Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu yang dikembangkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada tema perawatan organ THT memiliki kualitas yang sangat valid, sangat praktis, serta tingkat keterbacaan yang tinggi. Oleh karena itu, modul ini layak untuk diteruskan ke tahap pengujian efektivitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul, IPA Terpadu, inkuiri terbimbing, organ THT |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Made Suar Suliastini |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |