PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA E-KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD

Warsita, Ni Made Andriani (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA E-KOMIK TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031272-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031272-ABSTRAK.pdf

Download (655kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031272-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (591kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031272-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031272-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031272-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031272-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031272-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (600kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031272-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kompetensi hasil belajar pada kelompok eksperimen setelah dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan media e-komik memperoleh skor rata rata 80,54 berada pada kategori baik. Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional memperoleh skor rata-rata 70,15 berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 7,397 yang kemudian dibandingkan dengan hasil ttabel = 166,724 dengan taraf signifikansi 5%. Karena thitung = 7,397 > ttabel = 1,667 maka menolak H0 dan menerima H1. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan kognitif antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berbantuan media e-komik dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model model problem based learning berbantuan media e-komik terhadap minat belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus Kecamatan Tegalalang, Gianyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Problem Based Learning, Media E-Komik, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Andriani Warsita
Date Deposited: 15 Jul 2025 01:31
Last Modified: 15 Jul 2025 01:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25582

Actions (login required)

View Item View Item