Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pembelajaran Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Malau, Rismauli (2025) Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pembelajaran Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1811061032-COVER)
1811061032-COVER.pdf

Download (417kB)
[img] Text (1811061032-ABSTRAK)
1811061032-ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text (1811061032-BAB I PENDAHULUAN)
1811061032-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (1811061032-BAB II LANDASAN TEORI)
1811061032-BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (1811061032-BAB III METODE PENELITIAN)
1811061032-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (1811061032-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1811061032-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (1811061032-BAB V PENUTUP)
1811061032-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (1811061032-DAFTAR PUSTAKA)
1811061032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (1811061032-LAMPIRAN)
1811061032-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan fundamental dalam pendidikan anak usia dini terkait kemampuan numerasi menjadi titik berangkat penelitian ini. Pembelajaran konvensional yang cenderung berpusat pada guru (teacher-centered) dengan media monoton seperti lembar kerja siswa (LKS) teridentifikasi sebagai penyebab utama rendahnya kapabilitas berhitung awal pada anak kelompok usia 5–6 tahun. Kondisi ini terkonfirmasi melalui observasi di TK Ath-Thooriq, di mana terungkap bahwa partisipasi aktif dan antusiasme anak dalam kegiatan pembelajaran berhitung sangat minim, sehingga fokus mereka mudah teralihkan. Fenomena tersebut mengindikasikan adanya diskrepansi signifikan antara kebutuhan perkembangan kognitif anak, yang menuntut stimulasi melalui permainan dan konteks relevan, dengan praktik pedagogis yang ada di lapangan. Menjawab tantangan tersebut, penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan sebuah media PowerPoint interaktif yang diintegrasikan dengan pendekatan kontekstual untuk mengenalkan konsep bilangan 1–10. Dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang dibatasi pada tiga tahap esensial, analisis, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan produk yang sangat tinggi. Validasi oleh ahli materi menghasilkan skor rerata 3,90 (kategori sangat valid), yang mengonfirmasi bahwa konten pembelajaran telah akurat secara matematis dan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Serupa dengan itu, validasi ahli media memberikan skor 3,85 (kategori sangat valid), menandakan bahwa aspek teknis, desain antarmuka, dan fungsionalitas interaktif media dinilai efektif serta menarik secara visual. Selanjutnya, uji keterbacaan oleh empat guru sebagai praktisi memberikan skor 3,43 (kategori baik), yang mengindikasikan bahwa media ini praktis dan mudah diimplementasikan dalam skenario pembelajaran nyata. Temuan kolektif ini membuktikan bahwa media PowerPoint interaktif berbasis kontekstual menawarkan sebuah alternatif solusi yang teruji dan inovatif untuk meningkatkan keterlibatan serta pemahaman konsep berhitung anak, secara efektif menjembatani kesenjangan pembelajaran yang sebelumnya teridentifikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media PowerPoint interaktif, pendekatan kontekstual, numerasi dini, pendidikan anak usia dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Rismauli Malau
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:07
Last Modified: 18 Jul 2025 02:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25727

Actions (login required)

View Item View Item