Gustama, I Wayan (2025) SEKOLAH BERASRAMA SEBAGAI MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (Studi Kasus di SMAN Bali Mandara). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329091011-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329091011-ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329091011-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329091011-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2329091011-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329091011-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2329091011-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329091011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329091011-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah berasrama SMAN Bali Mandara serta implikasinya terhadap Profil Pelajar Pancasila. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perubahan status SMAN Bali Mandara dari sekolah berasrama menjadi sekolah reguler pada tahun 2022/2023 dan dampaknya terhadap karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru, kepala asrama, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah berasrama memiliki keunggulan dalam membentuk karakter siswa melalui program pendidikan yang holistik, meliputi kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, projek penguatan profil pelajar pancasila dan budaya sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sekolah berasrama dapat menjadi model yang efektif dalam pengembangan pendidikan karakter untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gustama, I Wayan (2025), Sekolah Berasrama Sebagai Model Pengembangan Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus di SMAN Bali Mandara). Tesis, Prodi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed. dan Pembimbing II : Prof. Dr. Ida Bagus Made Astawa, M.Si. Kata kunci: Sekolah Berasrama, Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah berasrama SMAN Bali Mandara serta implikasinya terhadap Profil Pelajar Pancasila. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perubahan status SMAN Bali Mandara dari sekolah berasrama menjadi sekolah reguler pada tahun 2022/2023 dan dampaknya terhadap karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru, kepala asrama, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah berasrama memiliki keunggulan dalam membentuk karakter siswa melalui program pendidikan yang holistik, meliputi kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, projek penguatan profil pelajar pancasila dan budaya sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sekolah berasrama dapat menjadi model yang efektif dalam pengembangan pendidikan karakter untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | I WAYAN GUSTAMA |
Date Deposited: | 20 Jul 2025 01:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2025 01:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |