Popsiani, Luh Gede Rossy (2025) PENGARUH PENDEKATAN STEAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI TERHADAP LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS II DI SD GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2111031448-COVER)
2111031448-Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (2111031448-ABSTRAK)
2111031448-Abstrak.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (2111031448-BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031448-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (2111031448-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031448-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031448-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031448-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031448-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031448-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031448-BAB 5 PENUTUP)
2111031448-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031448-DAFTAR PUSTAKA)
2111031448-Daftar Pustaka.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (2111031448-LAMPIRAN)
2111031448-Lampiran.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pendekatan STEAM berbasis kearifan lokal Bali terhadap literasi baca tulis siswa kelas II di SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng dan mengetahui pengaruh pendekatan STEAM berbasis kearifan lokal Bali terhadap literasi baca tulis siswa kelas II di SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Research, dengan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas II SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 7 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 204 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling, yang dirandom yaitu kelas sebagai Intact Group dengan komposisi sampel SD Negeri 5 Penarukan yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 3 Penglatan yang berjumlah 17 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data literasi baca tulis siswa adalah metode tes dengan menggunakan tes essay/uraian yang berjumlah 16 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t berbantuan program IBM SPSS, diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000. Kriteria pengujian menunjukan nilai signifikansi (0,000) < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan STEAM berbasis kearifan lokal Bali terhadap literasi baca tulis siswa kelas II di SD gugus VIII kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan STEAM, Kearifan Lokal Bali, Literasi Baca Tulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Rossy Popsiani |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:02 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |