ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KUTA UTARA

Meliani, Ni Kadek Diah (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KUTA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011012-COVER.pdf

Download (890kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011012-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011012-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Kuta Utara ditinjau dari gaya belajar pada materi Statistika. Kemampuan berpikir kritis matematis dianalisis dengan indikator berpikir kritis yang mengacu pada taksonomi Bloom tingkat tinggi versi Bloom, yaitu analisis, sintesis, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas sembilan siswa, masing-masing tiga siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual memiliki tingkat pencapaian indikator analisis sebesar 76%, sintesis 73,3%, dan evaluasi 61,3%. Subjek dengan gaya belajar auditorial mencapai analisis 72%, sintesis 69,3%, dan evaluasi 61,3%. Adapun subjek dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan capaian analisis 77,3%, sintesis 74,6%, dan evaluasi 57,3%. Berdasarkan hasil tersebut, terlihat bahwa indikator analisis dan sintesis lebih kuat pada gaya belajar kinestetik, sementara indikator evaluasi lebih kuat pada gaya belajar visual dan auditorial. Temuan ini menunjukkan bahwa gaya belajar memiliki peran dalam membentuk kecenderungan capaian masing-masing indikator berpikir kritis matematis pada materi statistika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Gaya Belajar, Statistika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI KADEK DIAH MELIANI
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:39
Last Modified: 24 Jul 2025 01:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25915

Actions (login required)

View Item View Item