Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

Nisa, Khoerun (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513071019-COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513071019-ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1513071019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1513071019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI)
1513071019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513071019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1513071019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513071019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513071019-LAMPIRAN.pdf

Download (739kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe Group Investigation dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sawan yang berjumlah 256 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa yang tersebar di dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen yang belajar menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation dan kelas kontrol yang belajar menggunakan model kooperatif tipe STAD. Data keterampilan berpikir kritis dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan sembilan butir tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis data adalah terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe Group Investigation dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD taraf signifikan kurang dari 0,05 (sig.< 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif tipe Group Investigation, model kooperatif tipe STAD, berpikir kritis.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Khoerun Nisa
Date Deposited: 28 Jul 2020 07:05
Last Modified: 28 Jul 2020 07:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item